Senin, 29 Agustus 2016

Tekan Titik Ini di Perut, Keluarkan Racun dari Usus Besar

Saat buang air besar, tak sedikit orang yang berusaha keras untuk menuntaskannya. Rasa mulas yang dirasakan, kadang tak sebanding dengan apa yang dikeluarkan. Namun, tahukah Anda, sebenarnya ada titik sederhana yang dapat Anda tekan untuk membantu Anda menyelesaikan gerakan usus.

Titik ini, atau kami menyebutnya dengan tombol, dapat ditemukan di tubuh Anda, dan ini disebut juga dengan 'lautan energi' oleh para ahli akupresur. Yang perlu Anda lakukan adalah meletakkan 3 jari di bawah pusar.

Sebelum Anda memulainya, pastikan Anda dekat dengan toilet. Selanjutnya, tekan tombol kotoran dengan tiga jari Anda. Ambil napas dalam-dalam saat melakukan hal ini. Jangan berhenti menekan sampai Anda merasa ingin pergi ke toilet. Cara ini biasanya bekerja 10 detik hingga 3 menit.

Dr Michael Reed Gach, seorang terapis akupresur mengatakan bahwa tombol ini akan menghidupkan kembali proses penyembuhan tubuh. Sebagian besar dari proses penyembuhan adalah dengan mengeluarkan kotoran.

Penelitian sebelumnya juga telah membuktikan bahwa memijat perut, termasuk di antaranya menekan tombol kotoran, akan memberikan respon pada tubuh, sehingga perut akan mulai bergerak dan membersihkan daerah di sekitarnya. Dr. Gach menambahkan, selain bisa melancarkan buang air besar, menekan titik ini juga dapat mengurangi nyeri dubur, masalah pencernaan, kram menstruasi dan gas.

Selain menekan titik di perut, ada beberapa tips tambahan agar Anda dapat buang air besar dengan lancar. Berikut di antaranya.

1. Jongkok.
Gunakan toilet jongkok. Jika Anda menggunakan toilet duduk, sebenarnya tubuh telah ditempatkan dalam posisi yang salah. Agar buang air besar bisa lebih optimal, tubuh perlu berada dalam posisi jongkok.

2. Bersantai.
Ketika seseorang duduk di toilet selama beberapa menit, hal yang biasa kita lakukan adalah mengejan dengan sangat keras. Tetapi, ini adalah cara yang salah. Mengejan hanya akan menekan tubuh Anda. Dalam beberapa kasus, cara ini dapat menyebabkan usus meledak atau aritmia jantung fatal. Ini akan sangat menyakitkan dan dapat menyebabkan lebih banyak masalah.

3. Tetap aktif.
Orang dewasa perlu melakukan aktivitas aerobik minimal 75 menit dalam seminggu. Berolahraga dapat merangsang kontraksi otot usus. Ini sangat penting untuk dapat mengeluarkan kotoran dengan efektif.

4. Mengonsumsi serat.
Jika Anda mengalami sembelit terus-menerus, makan banyak serat adalah hal yang perlu Anda lakukan. Serat akan membuat tinja berair, sehingga akan membuatnya jauh lebih lembut. Sumber serat terbaik bisa Anda dapatkan dari kacang-kacangan, buah, biji rami dan plum.


Sumber: Losing Weight Done

loading...