Jumat, 30 September 2016

Gejala Awal Kerusakan Hati yang Sering Diabaikan

Apakah Anda tahu bahwa hati merupakan organ padat terbesar dalam tubuh kita, yang memiliki berbagai fungsi? Ya, beberapa fungsi yang paling penting dari organ hati, di antaranya menjaga darah agar tetap bersih, menghasilkan empedu, dan mengakumulasi glikogen untuk menghasilkan energi.

Ini membuktikan bahwa hati merupakan organ vital dalam tubuh kita. Dan jika terjadi masalah, kesehatan Anda berada dalam risiko serius. Sayangnya, banyak hal yang bisa membuat organ hati kita menjadi rusak, tapi kebanyakan orang tidak menyadarinya.

Merawat organ hati dan mengetahui gejala-gejala yang dapat mengarah pada kerusakannya sangatlah penting. Berikut beberapa gejala awal yang tak boleh Anda abaikan, yang mengarah pada kerusakan organ hati.

1. Kulit menguning.
Gejala pertama adalah perubahan pada warna kulit Anda. Jika hati Anda tidak cukup kuat atau rusak, maka ia tidak akan dapat memroses racun dari makanan yang Anda konsumsi. Ini akan menyebabkan bilirubin terakumulasi, yang bisa membuat warna kulit Anda menjadi menguning.

2. Perubahan urine dan kotoran.
Ini mungkin tidak terjadi secara teratur, tetapi Anda perlu pergi ke dokter untuk menganalisis urine dan tinja Anda. Jika dokter menemukan beberapa perubahan warna atau komposisi, berarti Anda memiliki beberapa masalah hati. Jika urine Anda berbusa dan gelap, atau tinja Anda berwarna pucat, Anda harus periksakan ke dokter sesegera mungkin.

3. Kembung.
Jika Anda mengalami kembung secara tiba-tiba, ini bisa menjadi tanda Anda memiliki masalah dengan organ hati. Hati yang rusak akan menahan cairan, yang menyebabkan perut Anda menjadi kembung.

4. Timbul rasa sakit.
Jika Anda menderita kram di perut atau rasa sakit yang tajam, kemungkinan Anda memiliki beberapa masalah dengan organ hati. Fungsi hati yang terganggu dapat menimbulkan rasa sakit di perut. Dalam kasus Anda merasakan sakit di sisi kiri perut, Anda harus memeriksakannya ke dokter.

5. Refluks asam dan muntah.
Jika jumlah refluks asam meningkat, berarti Anda menderita masalah hati. Ketika hati rusak, hal ini akan mendorong cairan pencernaan di kerongkongan, yang mengarah pada refluks asam dan pencernaan yang buruk. Kondisi pencernaan yang buruk, pada akhirnya dapat menyebabkan muntah.

Ingat, jika Anda mengalami salah satu gejala yang disebutkan di atas, maka Anda harus memeriksakan ke dokter sesegera mungkin.

Sumber: Healthy Food House

loading...