Rabu, 16 November 2016

WAJIB TAHU !!! Ternyata, Nangka Bisa Obati Kanker

Nangka merupakan buah terbesar di dunia dengan berat bisa mencapai 45 kilogram. Buah ini memiliki kulit hijau atau kuning tebal dan keras dengan daging berwarna kuning jika sudah masak. Karena tekstur, fleksibilitas dan kandungan gizinya, buah ini sangat populer di kalangan vegan.

Buah nangka kaya akan nutrisi, seperti serat, kalium, magnesium, kalsium, zat besi, vitamin A, B6 dan C, serta protein. Secangkir nangka akan memberikan 25 persen vitamin B6 yang direkomendasikan untuk kebutuhan tubuh.

Kanker kolorektal merupakan penyakit yang sulit untuk diobati. Dan menurut National Cancer Institute, penyakit ini telah menjangkiti lebih dari 1,17 juta orang di Amerika Serikat setiap tahunnya. Untungnya, nangka berhasil mengobati jenis kanker ini dan memperkuat organ tubuh Anda. Lalu, apa lagi yang bisa dilakukan nangka untuk tubuh Anda?

Mencegah kanker usus
Nangka kaya akan fitonutrien, isoflavon, lignan, dan saponin yang memiliki sifat antikanker yang kuat. Nutrisi ini akan melawan radikal bebas dalam tubuh dan memiliki kemampuan untuk mencegah kanker dan penyakit lainnya.

Fitonutrien
Fitonutrien mampu mencegah perkembangan sel kanker, dan kandungan ini hanya dapat ditemukan dalam makanan nabati. Kandungan dalam buah nangka juga dapat membantu Anda untuk melawan penyakit maag.

Saponin
Saponin merupakan agen antikanker yang kuat, yang sangat berguna dalam melawan kanker usus besar. Menurut sebuah penelitian, saponin akan menginduksi penangkapan mitotik pada sel leukemia, yang mengarah pada remisi dalam beberapa kasus. Saponin ini akan mengikat lapisan luar sel kanker dan mencegah pertumbuhannya.

Lignan dan isoflavon
Kedua fitonutrien ini mampu mengikat reseptor dengan cara yang sama seperti yang estrogen lakukan. Menurut penelitian, lignan dan isoflavon secara signifikan dapat mengurangi risiko kanker endometrium. Sebuah studi yang dilakukan di tahun 2006 yang melibatkan 500 wanita menunjukkan bahwa nangka dapat  mengurangi risiko beberapa jenis kanker karena kehadiran dua fitonutrien ini.

Perlindungan DNA seluler
Antioksidan dalam buah ini akan mencegah aksi radikal bebas dan melindungi tubuh Anda dari kerusakan oksidatif. Nangka juga kaya serat yang mampu membersihkan usus besar, mengeluarkan racun dari saluran pencernaan, dan mengurangi risiko kanker usus besar.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Nangka kaya akan vitamin C dan gula sederhana yang akan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Menurut sebuah studi, polisakarida dalam buah nangka dapat meningkatkan fungsi sel fagositik dan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Nilai Gizi
Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus menambahkan buah nangka ke dalam menu harian Anda.

    Secangkir buah ini mengandung 155 kalori dan hanya 4 gram lemak. Buah ini juga rendah lemak jenuh, kolesterol dan sodium.
    Nangka kaya akan vitamin A, niasin, riboflavon, thiamine, dan asam folat. Selain mengandung vitamin, buah ini juga kaya akan mineral penting.
    Gula sederhana yang terkandung dalam nangka, dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Secangkir nangka mengandung 11 persen kebutuhan serat yang direkomendasikan yang akan meningkatkan sistem pencernaan Anda.


Sumber: Healthy Food Headlines

loading...